Antipatif Penyebaran Covid-19, Bawaslu Minut Tunda Tiga Tahapan Besar

Minut, Tonseanews.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menunda pengawasan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2020 menyusul dikeluarkannya Edaran Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) RI, terkait pencegahan wabah covid-19.

“KPU menunda tahapan berarti secara otomatis Bawaslu menunda tahapan pengawasan. Karena yang diawasi Bawaslu adalah tahapan yang dilaksanakan oleh KPU,” kata Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Rahman Ismail SH, Kamis 26 Maret 2020.

Disebutkan Pim Rahman, kebijakan yang ambil lembaga KPU ini terkait penundaan Tiga tahapan besar dalam Pilkada 2020 ini, guna mengatisipasi penyebaran wabah Covid -19. Tahapan yang ditunda yaitu, Pelantikan PPS,  verifikator faktual syarat dukungan calon perseoranagan dan data pemilih.

“Keputusan KPU ini bagian dari mengimplentasian edaran dan intruski pemerintah. Hal ini tentu,  demi keselamatan orang banyak. Apalagi Tiga tahapan yang ditunda itu, mengumpulkan massa atau mengumpulkan banyak orang. Ini yang dihidari terkait sosial distancing,” ujar Pim Rahman.

“Kami tetap bekerja, tapi lewat via watsapp. Kami terus berkoordinasi dengan teman-teman ad hock di 10 kecamatan, termasuk teman-teman PPS yang sudah dilantik di 7 kecamatan,” kata Pim Rahman

Lanjut dikatakannya, dengan adanya penundaan ini teman-teman ad hock hingga PPS diminta untuk mendalami regulasi terkait pengawasan.

“Agar nanti dalam menghadapi pelanggaran pemilu di Pilkada ini, mereka tau aturannya,” ucap Pim Rahman.

Ditambahkannya, sebagai lembaga iplementator didaerah, pihaknya menunggu intruksi selanjutnya dari lembaga diatasnya.

“Ya kita tunggu petunjuk selanjutnya dari lembaga legulator dalam hal ini Bawaslu RI, terkait tahapan-tahapan besar yang ditunda ini,” kunci Pim Rahman. (ekin)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *