Bupati Panambunan Mendukung TUF Pertahankan Bahasa Tonsea

Minut, Tonseanews.id- Tonsea Union Foundation (TUF) menggelar Seminar Budaya yang bertujuan untuk mengangkat kembali Bahasa Tonsea yang perlahan mulai terlupakan karena berkembangnya zaman, di Sutan Raja Hotel Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu 7 Agustus 2019.

Bupati Panambunan membuka acara Seminar Budaya dan mengatakan mendukung sepenuhnya TUF untuk mengangkat kembali Bahasa Tonsea agar dapat dipelajari sejak kecil dan pemerintah akan memasukkannya kedalam kurikulum muatan lokal.

“Pemkab Minut sangat mendukung dan akan membantu dalam dana serta segera membuat Perdanya,” ucap Panambunan.

Ketua TUF Ramoy Markus Luntungan (RML) mengatakan sudah melakukan uji coba di delapan desa sehingga harus ada kurikulum muatan lokal di Sekolah Dasar (SD), dan uji coba ini akan dilakukan pada Desember mendatang. TUF berharap Pemkab Minut bisa membantu dananya melalui Dinas Pendidikan karena Bupati sudah mengatakan siap membantu dan akan membuat Perdanya.

“Sudah ada guru-guru yang bisa berbahasa Tonsea yang berpartisipasi membantu seperti saya sendiri dan bapak Sompie Singal, juga masih banyak lainnya,” kata RML.

“Ini program jangka pendek dulu, tahun depan mungkin sudah meluas ke banyak desa dan Pemda siap membantu termasuk dari provinsi dan pihak TUF juga akan meminta bantuan dari pihak luar negeri karena kata Union ini berhubungan dengan mereka. Kita akan adakan pelatihan yang diberikan oleh ahli-ahli bahasa yakni tua-tua, yang penting kita jalan dulu sambil menyusun kurikulum,” tutup RML. (ekin)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *