Dinsos PMD Minut Sosialisasikan Pentingnya Setiap Desa Memiliki Karang Taruna

Minut, Tonseanews.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), mengadakan sosialisasi Peraturan Menteri (Permen) Sosial Nomor: 77/HUK/Tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna di Pendopo Kantor Bupati Minut, Rabu 13 November 2019.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Minut Ir Jemmy H Kuhu MA mengatakan, Karang Taruna adalah merupakan satu-satunya organisasi sosial masyarakat yang berbasis anak muda yang ada di desa-desa. Untuk itu diharapkan setiap desa di Minut bisa membentuk Karang Taruna dengan tujuan untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda dan Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Lebih lanjut Sekda Kuhu mengatakan, Karang Taruna telah mampu memberikan kontribusi yang sangat nyata bagi pembangunan di Indonesia yang dimulai dari desa dan telah melewati fase-fase penting proses pembangunan bangsa ini.

“Diharapkan Karang Taruna dapat menjalankan perannya yang strategis sebagai yang terdepan dalam kegiatan yang berkaitan dengan sosial dan kepemudaan, juga tentunya bisa mengharumkan nama baik daerah ke tingkat yang lebih tinggi, dengan prestasi dan kinerja yang ada,” ujar Sekda Kuhu.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial dan PMD Minut Ennola Wenas SE MM, berharap agar supaya setiap desa yang belum memiliki Karang Taruna, para Kumtua mengetahui bahwa sangat penting untuk pembentukan Karang Taruna.

“Tugas Karang Taruna itu bukan hanya kegiatan ceremonial biasa, tapi juga meliputi penanganan PMKS, termasuk penanganan lansia terlantar dan anak terlantar,” ujar Enola.

“Sekarang ini sudah sekitar 60 persen desa di Minut yang memiliki Karang Taruna, dan kami ingin memberitahukan bahwa ada bantuan dari pusat dan juga bantuan dari Dinas Sosial, tapi bantuan akan diberikan kalau Karang Taruna itu ada embrio usaha,” tutup Enola. (ekin)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *