Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar Bangga Dipanggil Bupati VAP Kunjungi Minahasa Utara

Minut, Tonseanews.id – Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mendapat kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar M.Pd, yang disambut langsung oleh Bupati Minut DR Vonnie Anneke Panambunan S.Th (VAP), di Pantai Paal Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur (Liktim), Sabtu 8 Februari 2020.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim dalam kunjungan kerjanya ke Minut mengunjungi 3 Desa di Kecamatan Liktim yaitu Desa Wineru, Desa Rinondoran dan Desa Marinsow, untuk melihat perkembangan
pembangunan desa dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berasal dari Dana Desa (Dandes).

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Desa PDTT melihat secara langsung Bumdes Mart milik Pemerintah Desa Wineru dan Bumdes Solafide milik Pemerintah Desa Rirondoran yang memproduksi minyak kelapa, serta melihat dan menikmati keindahan Pantai Paal di Desa Marinsow yang merupakan salah satu destinasi Wisata yang termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang.

Dalam sambutannya, Menteri Desa PDTT Abdul Halim mengatakan Kabupaten Minahasa Utara adalah Kabupaten yang luar biasa, karena merupakan Kabupaten yang dikuasai dan dikomandani oleh perempuan.

“Saya sangat berterima kasih sekali dan bangga dipanggil beliau (VAP) untuk hadir di Minahasa Utara, dan ini adalah salah satu wujud dari komitmen beliau untuk membangun Kabupaten berbasis Budaya yang berarti betul-betul membangun Desa karena Budaya itu adanya di Desa,” kata Menteri Desa.

“Ada 125 Desa dan 6 Kelurahan di Kabupaten Minahasa Utara, dan itu artinya ada 125 Budaya ditambah 6 Budaya yang ada, dan saya berharap semua Budaya dan kearifan lokal yang ada itu harus dipertahankan karena itu adalah kekayaan yang luar biasa, jangan goyah oleh apapun, termasuk penggunaan Dana Desa harus disesuaikan dengan kearifan lokal,” lanjut Menteri Desa.

“Saya sangat mengapresiasi kepada ibu Bupati Vonnie Anneke Panambunan karena semua yang sudah dilakukan ini adalah sesuatu yang luar biasa. Minahasa Utara tidak akan sejahtera kalau warga Desa tidak sejahtera dan itu adalah kunci, makanya saya selalu mengatakan, Desa adalah Indonesia dan Indonesia adalah Desa,” ujar Menteri Desa.

Selanjutnya Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar M.Pd memberikan bantuan untuk pembangunan di Desa Marinsow sebesar 400 juta Rupiah

Sementara itu, Bupati VAP dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Menteri Desa PDTT yang sudah datang dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Minahasa Utara. Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara akan terus mendukung program Nawa Cita Pemerintah Pusat, yaitu program menuju Indonesia yang berdaulat secara politik maupun ekonomi dan kebudayaan.

“Selamat datang bapak Menteri Desa dan Ibu beserta jajarannya, terima kasih sudah mengunjungi Kabupaten Minahasa Utara, semoga bapak Menteri senang dan menikmati keindahan alam di daerah ini dan selalu datang mengunjungi Minahasa Utara,” ucap Bupati VAP.

Diakhir kunjungannya, Menteri Desa PDTT bersama ibu dan jajarannya menikmati kuliner dan keindahan pemandangan yang ada di Pantai Paal Marinsow ditemani Bupati VAP dan beberapa pejabat Minut yang hadir diantaranya, Asisten I Minut dr Jane Simons, Kadis Dinsos dan PMD Drs Alpret Pusungulaa, anggota Dewan Minut H Sarhan Antili, para Camat dan para Hukum Tua se-Minahasa Utara.

(ekin)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *