Desa Kawangkoan Minut Dicanangkan Sebagai Desa Cantik

Minut, Tonseanews.id – Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara terpilih oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dan digelar Pencanangan Desa Cantik di Balai Desa Kawangkoan, Kamis 6 Mei 2021.

Kepala BPS Provinsi Sulut, Asim Saputra dalam sambutannya mengatakan, dengan dicanangkannya Desa Kawangkoan sebagai Desa Cantik, diharapkan bisa semakin dekat dengan masyarakat, dan Desa-Desa lain juga bisa mengikuti.

“Kami dari BPS berkomitmen untuk mencerdaskan pemerintah Desa memahami data statistik. Sekarang ini Covid-19 mulai menurun, jadi waktunya untuk memperbaiki ekonomi masyarakat,” kata Saputra.

Sementara Bupati Minut Joune Ganda SE dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada masyarakat Kawangkoan yang sudah proaktif dalam memberikan data diri yang lengkap dan mengatakan, Data adalah elemen penting dalam tujuan pembangunan pemerintah, dimana setiap kebijakan didasari dari data kebutuhan masyarakat sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

“Siapa menguasai data atau informasi, dia yang menguasai dunia. Membangun Kabupaten itu diawali dari Desa, karena keberhasilan Desa otomatis menjadi keberhasilan Kabupaten,” ucap Bupati Joune Ganda.

“Selamat buat Desa Kawangkoan yang terpilih dari begitu banyaknya Desa yang ada di Indonesia sebagai Desa Cantik, ini juga karena masyarakat Desa Kawangkoan hebat, proaktif dalam proses pendataan dan pemberian data,” lanjut Bupati Joune Ganda.

“Saya telah menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD dan kepala Desa agar bekerja sama dengan BPS, untuk membuat Profil Desa,” pungkas Bupati Joune Ganda.

Terpisah, Hukum Tua Desa Kawangkoan Eske Dendeng menyampaikan rasa syukur karena Desa Kawangkoan sudah dicanangkan sebagai Desa Cantik, dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang sudah hadir dalam Pencanangan Desa Cantik, juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Kawangkoan yang telah menerima dengan sukacita kedatangan para pendata ke tiap-tiap jaga.

“Kami seluruh Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat akan bersama-sama menunjang program pendataan Desa Cantik yang ada di Desa Kawangkoan tercinta ini,” ujar Kumtua Eske.

Turut hadir dalam pencanangan Desa Cantik, Wakil Bupati Minut Kevin Lotulung SH MH, Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu MA, para Kepala OPD, para Camat, para Hukum Tua se-Kecamatan Kalawat dan para undangan.
(ekin)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *