Masyarakat Apresiasi Pemilu Dapat Berjalan Aman, Jujur dan Adil

Minut, Tonseanews.id– Rapat Pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten di Minahasa Utara (Minut) yang digelar di Sutan Raja Hotel, Jumat 3 Mei 2019 menandai selesainya Pesta Demokrasi Pemilihan Umum 2019 di Minahasa Utara dengan Aman dan Damai.

Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian SIK menyampaikan bahwa pengamanan Pemilu 2019 merupakan prioritas dan hal yang utama dari awal sampai dengan  selesainya pelaksanaan kegiatan ini karena TNI dan Polri wajib menjaga keadaan tetap kondusif dan terus bekerja sama menjaga keamanan masyarakat dan menjamin situasi dan keadaan aman terkendali.

“TNI dan Polri terus siaga amankan pleno terbuka Kabupaten Minut untuk pengamanan dan ditugaskan berjaga tanpa henti dan pastikan semua berjalan aman dan lancar hingga selesai. Dari Polres telah diturunkan 80 personil khusus untuk menjaga keamanan dalam proses penghitungan tingkat Kabupaten serta didukung 30 personil dari TNI,” ujar Siagian.

Pernyataan juga disampaikan oleh Dandim 1310 Bitung Letkol Inf. Kusnandar Hidayat S.Sos tentang kesiapan TNI yang bekerja sama dengan Polri mengamankan proses tahapan pemilu.

“Kami TNI khususnya Kodim 1310 siap mendukung Polri dan membackup keamanan semua tahapan Pemilu sampai selesai karena keamanan merupakan tanggung jawab bersama, dan oleh sebab itu marilah kita semua bekerja sama menjaga keamanan dan memberikan informasi yang tepat tentang Pemilu,” kata Kusnandar.

Para tokoh agama seperti Ketua MUI, Ketua BKSUA dan pemuka agama lainnya juga memberikan pernyataan, bersyukur tahapan Pemilu ini bisa selesai dengan keadaan yang aman dan damai.

Sementara salah seorang saksi partai politik Henny Tombeng mengatakan turut merasakan bahwa jaminan keamanan dari pihak polisi sangat dirasakan dan itu membangun rasa ketenangan dan menghilangkan perasaan cemas dari masyarakat juga semua yang terlibat dalam proses pemilu 2019 terutama pada tahap pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten ini.

“Sebagai saksi Parpol kami berterima kasih kepada pihak yang berwajib dalam hal ini TNI-Polri yang selalu siaga dalam proses pengamanan sejak awal hingga kini masuk tahap pleno tingkat Kabupaten. Bahkan bukan hanya para anggota personil Polri yang tidak henti berjaga-jaga, tetapi Kapolresnya juga turun langsung ikut memantau jalannya kegiatan ini, bukan main, luar biasa pak Kapolres Minut,” ucap Tombeng. (eqin)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *